Tahun ini Jokowi pilih Dolomani

SEMPENA peringatan Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia hari ini, Presiden Indonesia Joko Widodo sekali lagi mengenakan pakaian tradisional tempatan bagi menghadiri majlis Ulang Tahun Republik Indonesia ke-77.

Tahun ini Jokowi mengenakan baju adat dari Buton, Sulawesi Tenggara, iaitu Dolomani bagi  menghadiri upacara peringatan detik-detik kemerdekaan di Istana Merdeka, Jakarta.

“Sempena peringatan Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia pada tahun-tahun sebelumnya, saya memakai pakaian tradisional tempatan, dari Aceh, Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Sunda, Jawa, Betawi, Bali, Sasak, Bugis, dan lain-lain.

Hari ini, 17 Ogos 2022 saya menghadiri majlis Ulang Tahun Republik Indonesia ke-77 dengan pakaian Dolomani,” katanya melalui Facebooknya.

Busana yang dipakainya terdiri dari baju, seluar panjang, sarung, dan kopiah yang didominasi warna merah.

Jokowi juga menggunakan penutup kepala serta dengan hiasan senjata tradisional di bahagian pinggang.  

“Ini baju dari Buton, Sulawesi Tenggara. Ini baju dolomani dari Buton,” kata Jokowi kepada wartawan.

Pakaian tersebut adalah baju adat dari Buton, salah sebuah pulau di Sulawesi Tenggara.

Dolomani adalah salah satu baju adat kebesaran Kesultanan Buton yang kerap digunakan Sultan ke-35 Muhammad Ali pada tahun 1918-1921.

Busana ini biasanya dipakai ketika menghadiri acara-acara kesultanan ataupun majlis rasmi lain.

Baju adat ini dihiasi dengan sulaman benang emas atau perak selain pada sisi kanan dan kiri busana adat tersebut juga dilengkapi dengan sulaman randa .

Semasa peringatan pada tahun 2019, Jokowi mengenakan pakaian adat Bali, diikuti 2020 adat Nusa Tenggara Timur dan 2021 adat Lampung.

Related posts

Leave a Comment