85 juta bergerak mudik lebaran

JAKARTA 3 Mei – Mudik lebaran atau cuti pulang ke kampung berhari raya tahun ini merekodkan sekurang-kurangnya pergerakan 85.5 juta orang dengan 23 juta kereta dan 17 juta motosikal.

Presiden Indonesia Joko Widodo berkata, aliran pergerakan balik kampung berjalan lancar walaupun terdapat sedikit kekangan di lapangan seperti di Pelabuhan Merak dan Bakauheni.

“Akan tetapi kita tahu penyebabnya yaitu volume kendaraan yang tidak sebanding dengan kapasitas dermaga. Kapalnya sudah ditambah, dari 30-an menjadi 50-an, tetapi juga belum cukup. Saya kira dermaganya masih harus ditambah,” katanya?

Dalam catatan Facebooknya Jokowi bertanyakan bagaimana sambutan Aidilfitri tahun ini.

“Selamat pagi. Bagaimana suasana Lebaran di tempat Anda? Bagi yang mudik, tentu sangat senang bertemu keluarga dan handai tolan di kampung halaman,” katanya sambil bersyukur perayaan Idulfitri tahun ini berjalan dengan baik.

Katanya, kesesakan perjalanan sudah dijangkakan.

“Karena itulah, saya mengimbau masyarakat yang mudik agar perjalanan kembali dari kampung halaman dilakukan lebih awal. Jangan bersamaan pada Sabtu atau Minggu untuk menghindari kemacetan di jalan tol, jalan nasional, maupun Pelabuhan di Merak-Bakauheni,” katanya.

Related posts

Leave a Comment